Rezekimu Susah? Inilah 3 Rumah yang Tidak akan Didatangi Malaikat Pembawa Rahmat

 Naudzubillahi min dzalik.

Malaikat akan pergi jauh dari rumah tersebut, sementara setan akan datang mendekatinya. Hal ini menandakan rumah akan dipenuhi dengan bisikan dan godaan setan yang akan menyesatkan para penghuninya.

Malaikat dikenal sebagai mahkluk yang sangat patuh terhadap Allah SWT. Mereka akan selalu menaati perintah yang Allah SWT berikan kepadanya. 

Oleh sebab itu, mereka hadir dengan berbagai tugas yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Ada malaikat penjaga surga, penjaga neraka, mencatat amal perbuatan manusia, dan lainnya. 

Selain itu, malaikat juga memiliki kegiatan lainnya. Para malaikat menyukai rumah seorang Muslim yang membuat mereka mendatanginya.

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan malaikat enggan masuk ke rumah umat Islam, sebagaimana yang dikutip dari Fiqih Kontemporer karya Prof KH Ahmad Zahro. Penyebab tersebut diantaranya adalah: 

Rumah yang Dimasuki Anjing 

Pertama, siapa pun muslim yang memelihara anjing harus melarang anjingnya masuk ke rumah. Hal ini semata-mata agar kesucian rumah tidak diragukan.

Penyebab ini berdasarkan pada hadits sahih riwayat Abu Thalhah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أبي طَلْحَةَ رضي الله عنه أنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَال: لا تَدْخُلُ المَلائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلا صُورَةٌ

"Malaikat tidak mau masuk rumah yang didalamnya ada anjing dan patung" (HR Bukhari dan Muslim). 

Malaikat yang dimaksud dalam hadist tersebut adalah malaikat pembawa rahmat.

Lantas bagaimana dengan patung? Apakah umat Islam tidak boleh memiliki atau menyimpan patung di dalam rumah? 

Prof Quraish Shihab menjelaskan bahwa, “Patung pada masa lalu ada perbedaannya, atau dapat berbeda, dengan patung masa kini.”

Memang ada beberapa hadis yang melarang membuat patung dan gambar makhluk hidup, tapi hadis tersebut tak bisa dipahami secara tekstual.

Hal ini dikarenakan ada perbedaan konteks patung dan gambar masa kini dengan masa Rasulullah SAW. 

Para ulama mengungkapkan alasan pelarangan patung atau membuat patung karena dulu patung digunakan sebagai sesembahan.

“Nah kalau sekarang, apabila itu dibuat untuk tujuan menyembah atau disembah orang, maka tetap tidak boleh. Tapi kalau tujuannya untuk seni, untuk mengingatkan kita akan jasa-jasa seseorang, maka itu tidak disembah, maka menjadi boleh-boleh saja," tegas Prof. Quraish.

Rumah yang Tidak Diramaikan dengan Bacaan Al Quran

Kedua, rumah yang penghuninya tidak pernah membaca Al Quran.

Pada rumah seperti itu, malaikat akan meninggalkannya dan justru setan lah yang akan sering berada di dalamnya.

Hal ini sejalan dengan bunyi hadits riwayat Ibnu Sirin, dia mengungkapkan: 

عَنِ ابْنِ سِيرِينَ ، قَالَ : الْبَيْتُ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ الْقُرْآنُ تَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ ، وَتَخْرُجُ مِنْهُ الشَّيَاطِينُ ، وَيَتَّسِعُ بِأَهْلِهِ ، وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ ، وَالْبَيْتُ الَّذِي لَا يُقْرَأُ فِيهِ الْقُرْآنُ تَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ ، وَتَخْرُجُ مِنْهُ الْمَلَائِكَةُ ، وَيَضِيقُ بِأَهْلِهِ ، وَيَقِلُّ خَيْرُهُ

"Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Alquran, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Alquran, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya."

Rumah dimana Istri Tolak Suami untuk Berhubungan Intim

Ketiga, rumah yang di dalamnya ada istri yang memalingkan wajah dan suami tidak ridho dengannya.

Malaikat melaknat para istri yang menolak untuk diajak berhubungan suami istri tanpa alasan udzur syari.

Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam riwayat Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda:

وعن أبي هريرةَ رضي الله عنه قَالَ: قالَ رسولُ اللَّه ﷺ: إِذَا دعَا الرَّجُلُ امْرأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فلَمْ تَأْتِهِ فَبَات غَضْبانَ عَلَيْهَا؛ لَعَنتهَا الملائكَةُ حَتَّى تُصْبحَ

"Jika seorang suami mengajak istrinya untuk berhubungan, akan tetapi ia (istri) tidak memenuhi ajakan suami, hingga malam itu suaminya marah, maka ia (istri) mendapatkan laknat para Malaikat sampai subuh." (HR Muslim).

Oleh sebab itu yuk kita menghindari ketiga hal tersebut. Mulai dari tidak memelihara anjing di dalam rumah, membaca Al Quran, dan juga menjadi istri yang sholehah untuk suami.

Semoga rumah kita selalu dipenuhi dengan suasana dan kegiatan islami sehingga akan didekati oleh malaikat dan juga diberi rahmat oleh Allah SWT.

LihatTutupKomentar