Edan! Jelang Tahun Baru 2021 Ada yang Jual Uang Koin 500 di Harga Rp1 Miliar
JAKARTA - Masih ingat uang logam Rp500 bergambar bunga melati yang sempat viral beberapa bulan lalu? Ternyata, menjelang tahun baru 2021, masih ada saja yang menjual uang koin tersebut dengan harga selangit di marketplace.

Beberapa bulan lalu uang ini sempat menghebohkan jagat media sosial. Pada bulan Juli lalu, uang logam 500 keluaran tahun 1991 ini dijual dengan harga yang tak masuk akal, yakni Rp100 miliar.

VOI mencoba menelusuri kembali beberapa laman marketplace untuk mencari harga uang koin 500 ini sekarang. Di laman Bukalapak, masih ditemukan ada yang menjual uang logam ini dengan harga yang gila-gilaan.

Kami memfilter hasil pencarian dari harga termahal. Hasilnya, ditemukan ada penjual yang menawarkan uang logam 500 ini di harga Rp1 miliar.
Melihat keterangan si penjual, dirinya berasal dari Karawang, Jawa Barat. Penjual tersebut pun memasang sebuah caption untuk menarik perhatian pembeli.

"Stok terbatas! Tersisa 1 lagi!" tulis sang penjual, dikutip Kamis 31 Desember.

Adapun di laman marketplace lainnya, yakni OLX, setali tiga uang dengan penjual di Bukalapak. Uang logam 500 ini dijual dengan harga fantastis, yakni Rp500 juta.
"Uang koin 500 tahun 1992 kondisi bekas," jelas deskripsi penjual yang berlokasi di Pekalongan Jawa Tengah ini.

Dikutip dari situs resmi Bank Indonesia (BI), uang koin ini keluar pada tahun 1991. Bahan yang digunakan adalah aluminium bronze dengan bentuk bulan pipih dengan tanggal penerbitan 16 Agustus 1991.

Warna dominan pada sisi depan dan belakang adalah kuning emas. Kemudian berat uang itu adalah 5,29 gram, tebal 1,8 mm dan diameter 24 mm.

Ciri-ciri gambar depan adalah lambang negara Garuda Pancasila dan ada teks BANK INDONESIA. Pada belakang uang koin terdapat gambar bunga melati, teks Bunga Melati dan Rp500 (kecil) lalu pada bagian samping bergerigi.

Lihat artikel asli

LihatTutupKomentar